Alat Transportasi jalur Air di Kalimantan Barat


 Jembatan Tol yang membentang diatas Sungai Kapuas

Jembatan Tol Kapuas 2 (Kab Kubu Raya)
Kalimantan Barat merupakan salah satu Provinsi yang sebagian wilayahnya berupa perairan (sungai) atau yang lebih dikenal dengan "Sungai Kapuas". Dari segi itu Kalbar juga di juluki sebagai wilayah "Seribu Sungai", karena banyak penduduk yang bermukim didaerah-daerah yang lewati oleh jalur sungai, seperti Ambawang, batu ampar, Retok dan daerah lainya.
Dalam melakukan kegiatan sehari-hari penduduk Kalimantan Barat lebih sering menggunakan jalur air (sungai) sebagai interaksi, seperti hubungan dagang, pengiriman barang, serta sebagai agkutan penumpang.

Penumpang Kapal Ferry yang sedang menunggu

Kapal Feery, merupakan sarana sebagai angkutan penyebrangan alternatif pengganti Jembatan Tol. Panjangnya penyeberangan kurang lebih 200mtr (15 menit). Adapun tarifnya 2000/kepala, 3000/sepeda motor. Hanya saja dengan tarif itu, kadang banyak juga yang menggunakan jembatan tol, walaupun harus muter.
 

Speed, merupakan sarana angkutan khusus penumpang. Speed ini juga bisa dikatakan sebagai alternatif kapal ferry. yang kebanyakan para penumpangnya adalah para pejalan kaki. Adapaun tarifnya 1000/kepala. Dengan bentuknya yang kecil dan rendah, tidak sedikit yang nggan untuk menggunakan speed ini, mungkin dikarenakan tidak terbiasa sehingga khawatir akan tenggelam, terutama bagi pendatang dari luar kalimantan.

 Motor Air

Perahu atau orang Kalbar menyebutnya "Motor Air", merupakan alat transportasi khusus jalur ke daerah-daerah antar Kabupaten, seperti daerah Ambawang (Kab Kubu Raya), Retok (Kab Landak), Batu Ampar dll. Motor air ini disamping sebagai alat angkutan penumpang juga merupakan alat angkut barang dagangan. Sebenarnya untuk masuk kedaerah juga bisa menggunakan jalur darat, namun hal itu sulit karena kondisi jalan yamg memang tak layak, terutama ketika saat musim hujan. Kalau dilihat dari bentuknya yang lebih besar dari speed, jumalah penumpang yang dibawa bisa mencapai 50 orang, bahkan lebih. Adapun tarif motor air ini berkisar 15.000/kelapa.

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    BalasHapus